Wisata Gunung Tangkuban Perahu

| July 17, 2012 | 0 Comments

Wisata Gunung Tangkuban Perahu. Keindahan alam Kabupaten Subang, salah satunya adalah Gunung Tangkuban Perahu. Daerah wisata yang terletak tidak jauh dari Objek Wisata Air Panas Ciater ini merupakan objek wisata pegunungan yang sejuk, dengan rimbun pohon pinus dan hamparan kebun teh di sekitarnya yang indah. Gunung Tangkuban Perahu (Parahu) adalah salah satu gunung yang terletak di Kabupaten Subang, Provinsi Jawa Barat, Indonesia.

Gunung Tangkuban Perahu merupakan salah satu gunung berapi yang masih aktif di pulau jawa. Beberapa kali gunung ini tercatat pernah meletus, sehingga menghasilkan sepuluh kawah yang tersebar di berbagai tempat di puncak gunung tersebut. Gunung ini disebut Tangkuban Perahu karena bentuknya mirip dengan Perahu (Parahu) yang terbalik, kata Tangkuban berasal dari Bahasa Sunda yang artinya terbalik.

Gunung Tangkuban Perahu mempunyai ketinggian sekitar 2.084 meter. Bentuk gunung ini adalah Stratovulcano dengan pusat erupsi yang berpindah dari timur ke barat. Jenis batuan yang dikeluarkan melalui letusan kebanyakan adalah lava dan sulfur, mineral yang dikeluarkan adalah sulfur belerang, dan mineral yang dikeluarkan saat gunung tidak aktif adalah uap belerang.

Terdapat sepuluna kawah yang merupakan hasil dari lerusan Gunung Tangkuban Perahu, yaitu Kawah Ratu, Kawah Upas, Kawah Baru, Kawah Lanang, Kawah Ecoma, Kawah Jurig, Kawah Siluman, Kawah Domas, Kawah Jarian, dan Pangguyangan Badak. Kawah Ratu, Kawah Upas, dan Kawah Domas, merupakan tiga kawah Gunung Tangkuban Perahu yang sering dikunjungi oleh wisatawan. Kawah yang paling besar diantara ketiganya dan paling banyak dikunjungi adalah Kawah Ratu.

Kawah Ratu bentuknya seperti mangkuk raksasa yang besar dan dalam. Jika cuaca cerah di kawah ini pengunjung dapat melihat dinding dan dasar cekungan kawah dengan jelas. Kawah Ratu letaknya bersebelahan dengan Kawah Upas, kurang lebih berjarak sekitar 1.500 meter. Kawah Upas bentuknya cukup dangkal dan datar pada bagian bawahnya, sehingga banyak ditumbuhi pepohonan liar di salah satu sisi dasar kawah itu. Sedangkan Kawah Domas bentuknya berupa cekungan yang mengeluarkan sumber air panas. Pada sumber air panas tersebut, para wisatawan dapat memanfaatkannya untuk membasuh badan, karena kandungan belerangnya dipercaya dapat menyembuhkan berbagai jenis penyakit kulit. Banyak juga wisatawan yang memanfaatkan sumber air panas itu untuk merebus telur ayam dengan cara memasukkan telur itu ke dalam genangan air panas selama kurang lebih 10 menit. Setelah sepuluh menit, telur tersebut akan matang dan sudah dapat dimakan.

Wisata Gunung Tangkuban Perahu

Menikmati pemandangan Kawah Ratu Gunung Tangkuban Perahu, laksana melihat mangkuk raksasa yang sangat besar dan dalam. Saat cuaca cerah, lekukan tanah pada dinding kawah demikian juga dasar kawah dapat terlihat cukup jelas sehingga mampu menyajikan pemandangan yang spektakuler. Kemegahan kawah yang begitu luas dan dalam setidaknya mampu membuat para wisatawan untuk sejenak terdiam dan takjub akan kebesaran hasil karya Tuhan. Dari puncak gunung Gunung Tangkuban Perahu, pengunjung dapat menikmati indahnya pemandangan alam dan kesejukan udara sambil melihat suasana Kota Bandung dari ketinggian.

Itu tadi sedikit informasi mengenai Wisata Gunung Tangkuban Perahu yang bisa menjadi pilihan keluarga anda saat liburan atau akhir pekan. Terima kasih atas perhatiannya telah menyimak artikel mengenai Wisata Gunung Tangkuban Perahu.

Gallery Gunung Tangkuban Perahu

Peta Lokasi Gunung Tangkuban Perahu


View Larger Map

Category: Pariwisata

Contact Info :

ERDI MITRAWAN, Alamat : Cibeurem Cimahi Bandung, TLP/SMS : 083821508221 / 081321572129, BB Messenger : 7916386c - It's all about relationships and customer service. Honesty, sincerity, and trust.